Keberkahan - Harta Dunia


* BUKA MATA HATI -> KEBERKAHAN GAJI * 💴💵

Al-kisah; Seseorang datang kpd Imam Syafi’i mengadukan ttg kesempitan hidup yg ia alami. Dia memberi tahukan bhw ia bekerja sbg orang upahan dgn gaji 5 dirham. Dan gaji itu tak mencukupinya.

👌 Namun anehnya, Imam Syafi’i justru menyuruh dia untuk menemui orang yg mengupahnya supaya mengurangi gajinya menjadi 4 dirham. Orang itu pergi melaksanakan perintah Imam Syafi’i sekalipun ia tdk paham apa maksud dari perintah itu.

👉 Setelah berlalu beberapa lama orang itu datang lagi kpd Imam Syafi’i mengadukan ttg kehidupannya yg tdk ada kemajuan. Lalu Imam Syafi’i memerintahkannya untuk kembali menemui orang yg mengupahnya dan minta untuk mengurangi lagi gajinya menjadi 3 dirham. Orang itupun pergi melaksanakan anjuran Imam Syafi’i dgn perasaan sangat heran.

👉 Setelah berlalu sekian hari orang itu kembali lagi menemui Imam Syafi’i dan berterima kasih atas nasehatnya. Ia menceritakan bhw uang 3 dirham justru bisa menutupi seluruh kebutuhan hidupnya, bahkan hidupnya menjadi lapang. Ia menanyakan apa rahasia di balik itu semua?

☝ Imam Syafi’i menjelaskan bhw pekerjaan yg ia jalani itu tdk berhak mendapatkan upah lebih dari 3 dirham. Dan kelebihan 2 dirham itu telah mencabut keberkahan harta yg ia miliki ketika tercampur dgn-nya.

Lalu Imam Syafi’i membacakan sebuah sya’ir:

جمع الحرام على الحلال ليكثره
دخل الحرام على الحلال فبعثره
`Harta haram dikumpulkan dengan harta halal untuk menjadikannya semakin banyak

Lalu datanglah harta haram lantas memporak porandakan harta halal tadi.

@MI_Channel
Share on Google Plus

Bersama Khadimul Ummah

"Berbagi Tuk Sesama Tak Harus Menunggu Kaya"

0 komentar:

Posting Komentar